EVENTS | 2023-01-09 11:39:42

Alami Luka Bakar Di Rumah? Gunakan Gel Antiseptik Ini Agar Cepat Pulih!

Luka bakar dapat dialami oleh siapa pun di rumah, dan dapat disebabkan oleh beragam hal seperti terciprat minyak saat di dapur, tersenggol knalpot motor, atau terkena setrika, wajan panas, hingga percikan kembang api.

Saat alami luka bakar sering kali langkah pertolongan pertama yang kita lakukan tidak tepat, misalnya mengoleskan pasta gigi ke area luka, hal ini sebenarnya merupakan mitos yang dapat memperparah kerusakan kulit di area yang terbakar serta memperhambat proses penyembuhan.

Lalu bagaimana cara yang benar untuk menangani luka bakar? Yuk kita bahas bersama di artikel ini.


Tingkat Keparahan Luka Bakar

Sebelum mulai pengobatan, kita perlu menilai kondisi luka bakar yang kita alami, sebab luka bakar memiliki 3 tingkat keparahan dengan cara penanganan yang berbeda-beda, yaitu:

  • Luka Bakar Tingkat 1 – Superficial Burn
    Ciri-cirinya adalah kerusakan terjadi pada lapisan kulit terluar, dimana kulit tampak merah, kering, dan terasa sakit, Contohnya: saat kulit terkena paparan sinar matahari terlalu lama (sunburn). Luka bakar tingkat 1 umumnya dapat sembuh dengan sendirinya,
  • Luka Bakar Tingkat 2 - Superficial Partial Thickness Burn
    Ciri-cirinya adalah selain kerusakan pada kulit terluar, sebagian jaringan di bawah kulit juga ikut teriritasi, sehingga kulit tampak merah, lecet, melepuh dan bengkak, serta menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Contohnya: saat kulit bersentuhan dengan benda panas.
    Luka bakar tingkat 2 umumnya dapat dirawat mandiri menggunakan gel antiseptik khusus untuk luka, terutama yang mengandung Aloe Vera untuk meredakan rasa nyeri pada area luka bakar
  • Luka Bakar Tingkat 3 – Full Thickness Burn
    Pada tingkat 3 jaringan yang rusak sudah lebih dalam lagi, dan mungkin mencapai syaraf, otot, atau tulang. Umumnya kulit tampak putih, hangus, kasar dan mati rasa, serta luka bakar tingkat 3 berisiko menimbulkan komplikasi seperti infeksi, kehilangan darah, syok, hipotermia, hypovolemia dan bahkan bisa sebabkan kematian.

    PENTING: Bila alami luka bakar tingkat 3, segera bawa ke Rumah Sakit terdekat dan cari pertolongan darurat dari tenaga kesehatan profesional.

Sekali lagi penting untuk memahami tingkat keparahan luka bakar yang Anda alami terlebih dahulu sebelum mulai mengobatinya, sebab penanganan yang tidak tepat justru dapat memperparah kondisinya.


Cara Atasi Luka Bakar Ringan Secara Mandiri

Adapun untuk luka bakar ringan (tingkat 1 dan 2), kita dapat menggunakan metode perawatan mandiri moist wound healing yang diperkenalkan pada tahun 1962 oleh Dr. George D. Winter untuk penyembuhan luka bakar.

Melalui metode ini, area luka harus dijaga agar selalu dalam keadaan lembap. Tujuannya agar dapat memicu pertumbuhan jaringan yang lebih cepat sehingga luka dapat menutup dengan sempurna.

Berikut prosedur penanganan modern pada luka bakar ringan secara dengan metode moist wound healing:

  1. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  2. Bilas luka bakar menggunakan air keran yang mengalir
  3. Kompres area luka menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi air minum yang dingin selama 15 menit
  4. Oleskan LUKAJEL pada ujung jari, lalu usapkan secara merata menutupi area luka untuk mencegah timbulnya infeksi
  5. Segera tutup kembali LUKAJEL setelah pemakaian untuk hindari kontaminasi
  6. Ulangi langkah-langkah di atas 3 kali sehari sampai luka mengering

LUKAJEL, Aksi Cepat Atasi Luka!

LUKAJEL adalah produk inovasi terbaru dari MECCAYA, yaitu Gel Antiseptik Bening untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka yang mengandung bahan aktif yaitu:

  • Octenidine HCl yang membunuh 99.999% bakteri penyebab infeksi dalam 30 detik, berdasarkan hasil uji laboratorium berstandar international, serta mencegah penyebaran infeksi pada luka
  • Allantoin yang melembabkan dan melembutkan kulit pada area luka serta menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit baru
  • Provitamin B5 yang mencegah bengkak & iritasi, mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit yang terluka
  • Aloe Vera yang memberikan sensasi dingin yang nyaman dan redakan rasa nyeri pada area luka, sehingga cocok digunakan pada luka bakar ringan

LUKAJEL juga Tidak Perih dan Tidak Menimbulkan Noda yang dapat mengotori pakaian, sehingga sangat cocok digunakan oleh Anak-Anak, Remaja maupun Orang Dewasa.

LUKAJEL saat ini sudah tersedia di toko resmi 88 Official Shop di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, dan akan segera hadir di apotek, toko obat, toko kelontong, warung serta minimarket terdekat.


Source: 1234 


Punya pertanyaan seputar penanganan luka bakar? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim ahli kami!


Ikuti juga kami di Instagram dan Facebook @lukajel.id untuk mengetahui ragam informasi dan tips seputar penanganan cedera dan luka, serta games berhadiah seru yang diadakan setiap bulan.


comments