EVENTS | 2020-02-21 04:12:03

KUDIS, Infeksi Tungau Yang Mudah Menular

Cegah KUDIS, Tungau Di Bawah Lapisan Kulit

Kudis adalah jenis penyakit kulit yang tidak asing di telinga masyarakat umum, bahkan kerap menjadi bahan gurauan antar teman atau kerabat.

Kudis adalah infeksi kulit yang berbentuk bintik bintik merah, atau putih seperti lepuhan atau bersisik, yang muncul di sela-sela jari, lengan, siku, ketiak, payudara, pantat, serta area sekitar kelamin. Infeksi Kudis umumnya juga menyebabkan rasa gatal hebat yang akan semakin menguat di malam hari.

Kudis juga dapat menyerang bayi dan balita, pada area kepala seperti wajah dan leher, selain juga di tangan dan telapak kaki.


Penyebab Kudis

Adapun Kudis (atau Scabies) disebabkan oleh gigitan tungau Sarcoptes Scabiei yang membuat lubang dan tinggal di bawah lapisan kulit. Tungau ini kadang dapat terlihat seperti garis transparan pada kulit.

Kudis memiliki masa inkubasi sampai 6 minggu, yang berarti seseorang tidak akan menunjukan tanda-tanda infeksi hingga 6 minggu setelah tertular. Masa inkubasi ini juga dapat lebih cepat bila seseorang pernah terjangkit Kudis sebelumnya.

Bila tidak segera ditangani, tungau dapat hidup selama berbulan-bulan di bawah kulit serta bertelur dan berkembang biak hingga jutaan ekor.


Penyebaran Kudis

Kudis dapat menular melalui kontak kulit serta dengan benda mati seperti pakaian, furniture, dan tempat tidur - terutama pada  masyarakat yang tinggal di lingkungan padat penduduk.

Bila menyewa rumah atau kamar kost, kita juga harus segera bersihkan secara menyeluruh perabotan serta tempat tidur yang sudah dipakai oleh penghuni-penghuni sebelumnya sebelum mulai digunakan.


Cara Pencegahan Kudis

Kudis dapat dicegah dengan beberapa cara yaitu:

  • Rutin membersihkan tempat tidur setidaknya dua kali seminggu
  • Mencuci sprei dan selimut setidaknya satu bulan sekali

Bila anggota keluarga terlanjur terinfeksi Kudis:

  • Hindari kontak fisik dengan penderita
  • Segera bersihkan perabotan yang pernah bersentuhan langsung dengan penderita


Pengobatan untuk Kudis

Kudis dapat diobati dengan Salep 88 yang telah dipercaya dari generasi ke generasi dengan bahan aktif yang efektif atasi Kudis.

  • Sediaan Salep juga melindungi bagian kulit yang terkena infeksi dari kotoran dan air sehingga aman digunakan walaupun harus beraktivitas di lingkungan yang lembab dan basah.
  • Karena sifatnya yang mudah menyebar, biasanya dokter menyarankan orang-orang terdekat dengan penderita Kudis untuk ikut menjalani pengobatan.

Cara Penggunaan SALEP 88

Sebelum menggunakan SALEP 88, bersihkan dan keringkan area kulit yang terinfeksi. Oles dan ratakan SALEP 88 pada bagian yang terinfeksi 3 kali sehari. Masa pengobatan Kudis bervariasi antara 2 hingga 6 minggu, tergantung dari seberapa kronisnya infeksi.

  • Satu hal yang perlu diingat, penggunaan Salep 88 sebaiknya diteruskan hingga 10 hari semenjak gejala menghilang untuk mencegah infeksi kurap datang kembali
  • Jaga kebersihan tempat tidur dan perabotan agar tidak dijangkiti tungau penyebab Kudis. Bila perlu sediakan SALEP 88 di rumah, kantor, atau di dalam tas untuk pengobatan Kudis dan ragam penyakit kulit lainnya.

Sumber: 01 | 02 | 03

Punya pertanyaan seputar kesehatan kulit? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim ahli kami!