EVENTS | 2022-01-05 10:19:18

Program Vaksinasi dari MECCAYA, Targetkan WNI Pelaku Perjalanan Internasional di Rusun Pasar Rumput

Sejak November 2021, MECCAYA memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi para WNI repatriasi yang melakukan karantina di Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Mereka adalah para pekerja migran, pelajar yang menempuh studi di luar negeri, pegawai pemerintah yang berdinas ke luar negeri, dan perwakilan Indonesia dalam ajang internasional. Sebelumnya, MECCAYA juga telah melaksanakan program serupa di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara, sejak September 2021. Kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para WNI repatriasi di kedua lokasi ini direncanakan masih akan terus dilaksanakan hingga satu tahun ke depan.

Dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Rusun Pasar Rumput ini, MECCAYA bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Soekarno-Hatta, Tim Tenaga Kesehatan (nakes) Wisma Atlet Pademangan, dan Polisi Militer. Sukamto S.T., M.Kes. selaku Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah (UKLW) KKP Kelas I Soetta turun tangan membantu dalam pengadaan vaksin Sinovac, dengan kuota 100 dosis per hari. Proses skrining kesehatan, uji PCR, dan penyuntikan vaksin dibantu oleh tim nakes dari Wisma Atlet Pademangan. Adapun vaksin Sinovac ini hanya disediakan bagi mereka yang belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama.



Rusun Pasar Rumput sendiri merupakan satu dari empat lokasi karantina terpusat di DKI Jakarta bagi para WNI pelaku perjalanan internasional yang kembali ke Indonesia. Rusun Pasar Rumput dipilih sebagai lokasi vaksinasi WNI repatriasi berikutnya karena tidak jauh dari Wisma Atlet Pademangan. “Lokasi Pasar Rumput masih belum terlalu ramai sehingga bisa digunakan untuk kegiatan vaksinasi. Lokasi ini juga tidak terlalu jauh dari Wisma Atlet Pademangan, yang memudahkan tim nakes Wisma Atlet membantu pelaksanaan vaksinasi di Rusun Pasar Rumput,” jelas Ricky Surya Prakasa, Presiden Direktur MECCAYA.

Selain memfasilitasi pelaksanaan program, MECCAYA juga membantu dalam penyediaan perlengkapan yang diperlukan, seperti chiller, Plasma Cluster, printer, laptop, dan bilik vaksinasi terpisah bagi mereka yang berhijab. Untuk mendukung nakes dalam bekerja, MECCAYA menyiapkan tenaga administrasi dan memberikan paket kesehatan berisi nasal package, hand sanitizer, tisu Dettol, mouthwash, Spirulina, vitamin D, serta jurnal tentang Spirulina dan vitamin D.



“MECCAYA berkomitmen untuk terus membantu dalam percepatan vaksinasi. Hal ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk peduli terhadap bangsa dan negara dengan melakukan aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR). Kami melihat masih banyak WNI ekspatriat yang memerlukan vaksinasi, sehingga kami kembali mendukung program ini bersama dengan Kementerian Kesehatan dan KKP Soekarno-Hatta,” ujar Ricky.

Dukungan MECCAYA terhadap program percepatan vaksinasi tak hanya diberikan di Jakarta, tetapi juga Magelang. “Kami juga membantu pelaksanaan vaksinasi untuk umum di Kabupaten Magelang, yang berkolaborasi dengan Sinergi Indonesia Maju, Perkumpulan Pencinta Pariwisata Indonesia, KKP Soetta dan cabang Semarang, Dinas Kesehatan Magelang, Puskesmas Borobudur, dan pemerintah setempat. Salah satu dukungan yang kami berikan yaitu dalam hal penyediaan mobil vaksinasi keliling untuk menjemput warga yang kesulitan dalam melaksanakan vaksinasi, baik karena akses transportasi maupun kondisi fisiknya,” kata Ricky, menambahkan sekaligus menutup wawancara (4/1/2022).


comments