EVENTS | 2022-10-27 07:08:14

#Tanya88 Episode 2: Seputar Masalah Kesehatan Kulit Bersama dr. Angeline Dewi, Sp.KK.

SALEP & KRIM 88 kembali membuka sesi konsultasi gratis bertajuk #Tanya88 di Instagram @salep88id.

Pada episode yang kedua ini, #Tanya88 menghadirkan dr. Angeline Dewi, Sp.KK. yang akan menjawab 5 pertanyaan terpilih dari netizen seputar masalah Kesehatan Kulit berikut:

 

  1. Bagaimana cara mengetahui jerawat yang disebabkan karena infeksi bakteri maupun infeksi karena jamur dan pengobatannya?
    “Bila diperhatikan dengan seksama, jerawat yang disebabkan oleh infeksi jamur biasanya akan terasa gatal dan memiliki bintik kemerahan yang bentuknya seragam tanpa adanya komedo. Sedangkan untuk jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri bentuknya akan lebih beragam, ada yang berupa komedo, bintik kemerahan sampai bintik kemerahan yang disertai dengan nanah. Maka dari itu perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya untuk tahu cara mengobatinya.”
     
  2. Dok, bagaimana cara mencegah dan mengobati Kutu Air supaya tidak kambuh lagi untuk ibu saya yang sering mencuci pakaian?
    “Bagi kalian yang sering mencuci pakaian, untuk mencegah terjadinya kutu air, biasakanlah untuk segera mengeringkan kulit terutama pada sela jari tangan dan sela jari kaki. Karena infeksi jamur seperti kutu air akan mudah berkembang pada kulit yang dibiarkan dalam kondisi lembab terlalu lama. Apabila sudah terlanjur terinfeksi Kutu Air, kalian bisa mengobatinya dengan obat anti jamur yang mengandung Miconazole Nitrate.”
     
  3. Bagaimana cara menghilangkan kurap akibat pemakaian masker setiap hari ya dok?
    “Masker yang dipakai sepanjang hari umumnya akan menjadi lembab dan berisiko menimbulkan infeksi jamur, salah satunya kurap. Untuk menghilangkan kurap pada wajah kalian disarankan menggunakan obat anti jamur berbentuk krim yang lebih mudah menyerap, seperti krim yang mengandung Miconazole Nitrate. Selain itu kalian harus rutin mengganti masker setiap 4 jam sekali atau ketika masker mulai terasa lembab.”
     
  4. Leher dan kedua sikut tangan saya selalu gatal dan timbul bintik merah jika berkeringat dan sering timbul kembali bila berkeringat dok. Bagaimana cara mengatasinya?
    “Munculnya bintik kemerahan serta rasa gatal pada kulit leher dan sikut tangan ketika berkeringat bisa disebabkan oleh beberapa hal. Ada yang disebabkan karena infeksi jamur dan ada yang terjadi karena suatu reaksi peradangan akibat keringat yang berlebihan. Untuk cara mengatasinya perlu diagnosa lebih mendalam, sebaiknya kunjungilah dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapat penanganan”
     
  5. Saya punya darah manis dari kecil, sehingga banyak bekas luka yang menghitam. Bagaimana cara menghilangkannya ya dok?
    “Untuk mengatasi bekas luka yang hitam, kalian dapat menggunakan produk pencerah kulit. Contohnya dengan menggunakan krim yang mengandung Glycolic Acid, Vitamin C, dan Arbutin. Namun apabila hasilnya dirasa kurang maksimal, kalian bisa juga konsultasikan langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapat tindakan lebih lanjut.”

 

Punya pertanyaan seputar kesehatan kulit? Tulis pertanyaan kamu di kolom komentar untuk ditanggapi tim ahli kami!


comments