EVENTS | 2022-12-23 10:46:32

#Tanya88 - Episode 3: Seputar Gatal Selangkangan Bersama dr. Hari Darmawan, Sp.KK

SALEP & KRIM 88 kembali membuka sesi konsultasi gratis bertajuk #Tanya88 di Instagram @salep88id. Di episodenya yang ketiga ini, #Tanya88 menghadirkan dr. Hari Darmawan, Sp.KK. yang akan menjawab 5 pertanyaan terpilih seputar GaSel atau Gatal Selangkangan.


Berikut 5 pertanyaan yang terpilih dari netizen:

 

  1. Bagaimana cara membedakan gatal selangkangan yang disebabkan oleh infeksi jamur dengan gatal selangkangan karena dermatitis ya Dok?
    “Untuk gatal selangkangan yang disebabkan oleh infeksi jamur, umumnya lesi akan mudah menyebar atau meluas. Dari yang awalnya hanya ada di selangkangan, bisa menyebar ke perut, paha, hingga ke bokong. Rasa gatal yang timbul pun cenderung akan lebih hebat. Sedangkan saat terinfeksi dermatitis atau eksim, lesi yang muncul cenderung menetap di satu tempat dan tidak mudah menyebar atau meluas ke tempat lain. Rasa gatal yang timbul pun tidak akan sehebat gatal akibat infeksi jamur. Namun untuk memastikannya, perlu dilakukan pemeriksaan langsung ke Dokter Spesialis Kulit & Kelamin ya.
     
  2. Saya penyintas covid-19, muncul gejala gatal-gatal pada area pinggang, selangkangan, paha, lengan / tangan, hingga belakang lutut pasca satu bulan isolasi mandiri. Bentuknya berupa beberapa lingkaran merah yang setelah kena air gatalnya makin menjadi-jadi. Bagaimana solusinya Dok?
    “Untuk keluhan seperti ini wajib diperiksakan ke dokter terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah keluhan kulit yang dialami ini berkaitan dengan penyakit covid-19 sebelumnya atau tidak. Lalu perlu diketahui juga apakah ruam merah yang disertai dengan rasa gatal ini memang disebabkan oleh virus covid-19-nya, atau justru disebabkan oleh infeksi jamur, dermatitis, eksim, atau bahkan hanya kena biang keringat saja. Jadi harus dipastikan terlebih dahulu ya.”
     
  3. Nenek saya penderita Diabetes Melitus yang jumlah GDS-nya sekarang sekitar 200, namun belakangan beliau sering mengalami gatal di area selangkangan. Bagaimana cara mengobatinya ya Dok?
    “Tepat sekali. Penyakit diabetes melitus atau yang lebih sering dikenal orang dengan sebutan penyakit kencing manis (penyakit gula), merupakan salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit gatal selangkangan akibat infeksi jamur. Risikonya akan semakin besar bila orang tersebut juga mengalami obesitas atau kelebihan berat bedan. Untuk dapat mengatasi gatal selangkangan akibat infeksi jamur, gunakanlah Krim yang mengandung Miconazole Nitrate. Tapi perlu diingat, karena beliau menderita diabetes, maka perlu diobati juga dengan obat diabetes serta hindari makanan yang tinggi kadar gulanya ya.”
     
  4. Dok, kenapa kalau bersepeda atau berolahraga selangkangan saya suka gatal? Bagaimana cara mengobati dan tidak kambuh lagi?
    “Ketika sedang bersepeda atau berolahraga, tubuh otomatis akan mengeluarkan banyak keringat, apalagi bila kita memakai celana dalam yang terlalu ketat. Hal tersebut yang kemudian sering menimbulkan infeksi jamur sehingga mengakibatkan gatal di selangkangan. Untuk mengobatinya dapat menggunakan krim yang mengandung miconazole nitrate. Supaya tidak terulang, segera mandi setelah selesai berolahraga dan gunakanlah celana dalam yang bahannya menyerap keringat.”
     
  5. Makanan apa yang dianjurkan untuk menjaga keseimbangan tingkat pH pada organ kewanitaan supaya terhindar dari keputihan yang menyebabkan gatal di selangkangan?
    “Makanan yang dianjurkan untuk menjaga organ kewanitaan agar pH-nya tetap seimbang adalah makanan-makanan yang tinggi serat, seperti sayur, kacang, dan buah-buahan. Selain itu, kamu juga harus rutin mengonsumsi air putih dan juga yoghurt yang kaya akan bakteri baik.”

Punya pertanyaan seputar Gatal Selangkangan? Tulis pertanyaan kamu di kolom komentar untuk ditanggapi tim ahli kami!


comments