EVENTS | 2022-07-05 00:44:25

#Tanya88: Konsultasi Gratis di Instagram Mengenai Kesehatan Kulit

MECCAYA membuka sesi konsultasi gratis bertajuk #Tanya88 yang diadakan di Instagram @salep88id. Konten ini bertujuan untuk membuka ruang diskusi dan menyediakan informasi tepercaya bagi masyarakat, dimana netizen berkesempatan untuk bertanya seputar permasalahan kulit, yang akan dijawab langsung oleh Dokter Spesialis Kulit & Kelamin.

 

Pada episode perdananya, #Tanya88 menghadirkan dr. Dia Febrina, Sp.KK. yang akan menjawab 5 pertanyaan terpilih dari netizen di bawah ini:

 

  1. Apakah air sumur yang asin dapat menyebabkan kutu air sering kambuh? Bagaimana cara pencegahannya, ya dok, supaya tidak perlu diobati berkali-kali?
    “Air sumur asin tidak dapat menyebabkan kutu air. Meminimalkan faktor kelembapan berlebih adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko kutu air. Misalnya, memastikan badan sudah benar-benar kering sebelum mengenakan pakaian dan tidak memakai sepatu yang lembap atau basah.”
     
  2. Ringworm dan eksim koin kalau dilihat hampir mirip, ya dok? Bagaimana cara mudah membedakan keduanya?
    “Walau sama-sama bergejala bercak merah di kulit, keduanya dapat dibedakan dengan ada-tidaknya ‘central healing’. Ciri khas ringworm adalah bagian tengah lesi tampak ‘menyembuh’ atau kurang aktif, sedangkan bagian pinggirnya terlihat lebih aktif atau warnanya lebih merah dibandingkan bagian tengah. Berbeda dari ringworm, bercak merah pada dermatitis numularis, atau eksim yang berbentuk koin, lebih merata.”
     
  3. Dok, apakah benar menggunakan minyak malah bisa membuat infeksi jamur pada kulit lebih parah?
    “Bisa. Minyak, sekalipun berbahan alami, dapat menyebabkan perburukan pada infeksi jamur. Penggunaan minyak pada area yang terinfeksi jamur dikhawatirkan memicu infeksi sekunder, seperti dermatitis kontak alergi dan dermatitis kontak iritan. Daripada menggunakan minyak, penderita sebaiknya menggunakan saja produk yang dijual bebas yang memang efektif untuk mengatasi infeksi jamur.”
     
  4. Di kulit belakang telinga saya sering ada benjolan yang kalau ditekan mengeluarkan nanah dan sering muncul kembali. Itu jerawat atau bukan, ya dok?
    “Belum tentu jerawat. Bisa saja abses pada kulit yang mirip dengan jerawat, yang biasanya timbul di daerah belakang telinga. Jika sering kambuh, itu berarti faktor pencetusnya belum dituntaskan. Periksakan ke dokter spesialis terdekat untuk mengetahui diagnosis yang pasti dan pengobatan yang tepat hingga tuntas.”
     
  5. Izin tanya dok, saya mengalami gatal pada mata kaki. Saat tergaruk malah menjadi luka kering yang semakin melebar. Bagaimana cara mengobatinya?
    “Rasa gatal yang dialami tersebut bisa ada beberapa kemungkinan diagnosis, bisa suatu eksim, bisa juga infeksi jamur pada kulit. Garukan bisa menyebabkan kulit semakin rusak dan teriritasi, yang memperparah kondisi. Pada infeksi kulit, mikroorganisme penginfeksi dapat menyebar jika tidak diobati dengan tepat. Untuk memastikan penyebab rasa gatal tersebut, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kulit terdekat.”

 

Punya pertanyaan seputar kesehatan kulit? Tulis pertanyaan kamu di kolom komentar untuk ditanggapi tim ahli kami!


comments