EVENTS | 2022-09-07 09:54:52

Luka Terbuka, Cedera Umum Yang Bisa Fatal Bila Tidak Ditangani Dengan Benar

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, baik Anak-Anak, Remaja maupun Orang Dewasa, pastinya pernah mengalami luka, Meski sering nampak sepele, bila dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik, luka dapat mengakibatkan komplikasi, bahkan amputasi dalam kondisi yang terburuk.

Ada dua jenis luka yang dikenal secara umum yaitu Luka Terbuka, yang melibatkan kerusakan pada kulit sehingga jaringan di dalamnya terpapar, dan Luka Tertutup yang lebih dikenal sebagai Memar dan umumnya disebabkan oleh benturan dengan benda tumpul.

Di antara keduanya, Luka Terbuka lebih rentan terkena dampak infeksi, baik dari virus maupun bakteri penyebab penyakit, sehingga perlu dirawat sesegera mungkin dengan cara yang benar.


Jenis-Jenis Luka Terbuka

Beberapa jenis Luka Terbuka berdasarkan penyebabnya antara lain adalah:

  • Luka Lecet atau abrasi yang terjadi ketika kulit bergesekan dengan permukaan keras dan kasar
  • Luka Robek atau laserasi yang umumnya disebabkan oleh kecelakaan saat menggunakan pisau atau peralatan tajam
  • Luka Tusuk yang disebabkan oleh benda yang runcing seperti paku atau jarum
  • Luka Bakar yang diakibatkan oleh panas yang berlebih pada kulit seperti paparan sinar matahari, tersiram air panas, kontak dengan api, bahan kimia atau listrik

Cara Atasi Luka Terbuka Dengan Benar

Untuk penanganan luka terbuka, pertama kita harus menentukan tingkat keparahan luka yang terjadi. Bila luka tergolong dalam dan mengakibatkan kerusakan yang parah pada lapisan kulit dan lemak, bahkan mencapai otot, tulang atau organ tubuh, maka dibutuhkan pertolongan medis yang segera oleh tenaga kesehatan profesional.

Namun bila luka cenderung ringan dan hanya mengenai lapisan terluar kulit, maka kita dapat memberikan pertolongan pertama secara mandiri dengan mengikuti 5 Langkah Mudah berikut:

  1. Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  2. Bersihkan area luka dengan air bersih
  3. Oleskan LUKAJEL pada ujung jari, lalu usapkan secara merata menutupi area luka untuk mencegah infeksi timbul
  4. Segera tutup kembali LUKAJEL setelah pemakaian untuk hindari kontaminasi
  5. Ulangi langkah-langkah di atas 3 kali sehari sampai luka mengering

 


LUKAJEL, Aksi Cepat Atasi Luka!

LUKAJEL adalah produk inovasi terbaru dari MECCAYA, yaitu Gel Antiseptik Bening untuk mencegah Infeksi dan menyembuhkan luka yang mengandung 3 bahan aktif yaitu:

  • Octenidine HCL yang membunuh 99.9% bakteri penyebab infeksi dalam 30 detik, berdasarkan hasil uji laboratorium berstandar international, serta mencegah penyebaran infeksi pada luka
  • Allantoin yang melembabkan dan melembutkan kulit pada area luka serta menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit baru
  • Provitamin B5 yang mencegah bengkak & iritasi, mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit  yang terluka

LUKAJEL juga Tidak Perih dan Tidak Menimbulkan Noda yang dapat mengotori pakaian, serta mengandung Aloe Vera yang memberikan sensasi dingin yang nyaman dan redakan rasa nyeri pada area luka, sehingga sangat cocok digunakan oleh Anak-Anak, Remaja maupun Orang Dewasa.

LUKAJEL saat ini akan tersedia di toko resmi 88 Official Shope di Tokopedia, Shopee dan Bukalapak, dan akan segera hadir juga di apotek, toko obat, toko kelontong, warung serta minimarket terdekat.


Punya pertanyaan seputar penanganan cedera dan luka? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim ahli kami!

Ikuti juga kami di Facebook dan Instagram @lukajel.id untuk ragam informasi dan tips seputar penanganan cedera dan luka, serta games berhadiah seru yang diadakan setiap bulan.


comments